Di suatu komunitas internet
pengusaha/calon pengusaha yang saya ikuti, ada satu keyakinan kalau
suatu bisnis dalam 6 bulan tidak menghasilkan, maka kita harus menyuntik
mati bisnis tersebut dan ganti dengan bisnis yang lain.
Tapi hal tersebut gak berlaku loh bagi bisnis M*L*M online saya ini, karna hal itu sangat berbeda.
Kalau bisnis konvensional = Butuh modal besar, stock barang besar,
biaya pegawai, sewa toko, biaya listrik, dll yang kalau dalam 6 bulan
tidak menghasilkan, ya jelas harus di suntik mati karena itu akan
menggerogoti keuangan kita. Gak untung malah buntung karena tiap bulan
harus membayar besar tapi hasil gak ada.
Tapi itu tidak berlaku untuk bisnis M*L*M online saya ini karena =
biaya pendaftaran HANYA 39.900, gak ada stock barang, gak ada biaya
pegawai/toko/listrik. Yang di butuhkan adl kemampuan untuk survive,
bertahan, mental tinggi untuk di tolak.
Jika dalam 6 bulan belum berhasil, jangan di suntik mati, tapi anda
harus tanya ke Upline/Leader/Director-nya kenapa belum berhasil, cara
apa yang belum anda lakukan. Or malah ternyata anda belum ngapa-ngapain
sama sekali, cuma menawarkan ke teman sekitar tidak berhasil dan sudah
mengklaim diri gagal hanya karna cara tersebut tidak berhasil.
Kalau saya berprinsip selama saya mengerjakan bisnis M*L*M saya dari
online, gak perlu keluar rumah, gak bermodal besar hanya modal katalog
saja, kenapa saya harus menyuntik mati, kenapa saya harus takut miskin
hanya karna sudah membayar biaya pendaftaran 39.900.
Karna itu hanya masalah waktu, kapan kita berhasil, dan masalah apakah
saya sudah maksimal menjalankan, apakah sudah setiap hari saya berpromo
secara online dan apakah saya sudah mengajak orang-orang yang tepat
untuk menjalankan bisnis saya.
Ayo deh ganti lagi strategi untuk menjalankannya. Ada berbagai macam
cara yang bisa kita lakukan untuk berhasil di Bisnis M*L*M saya ini,
mulai dari yang pure online seperti saya, or di mix antara online dan
offline. Semua pilihan, yang membedakannya adalah mau kah anda belajar
lebih keras.
Saya jadi teringat beberapa downline saya yang tiba-tiba bilang
X = “mbak saya berhenti, sudah 4 bulan saya gak ada yang order dan gak dapet member juga. saya gak cocok dengan bisnis ini”
Saya = “Memang nya katalog mbak tawarkan kesiapa saja ? trus sudah mengajak or beriklan dimana saja”
X = “Katalog saya taruh di meja kasir (kebetulan ibu tersebut pekerja
kantoran + pengusaha cafe), dan saya sudah mengajak beberapa teman
dekat saya tapi gak ada yang mau mbak”
Saya = “Berarti mbak sama sekali tidak pernah mempromosikan bisnis
ini ya. Kalau mbak berani keluar modal besar + biaya promosi untuk
meramaikan cafe mbak yang juga belum tentu akan BEP dan menghasilkan,
kenapa baku berharap hasil besar pada bisnis yang tidak pernah mbak
berani keluar modal untuk mempromosikan pada orang lain kecuali orang
terdekat.”
Ya semua akhirnya kembali kepada kita masing2, seberapa kita Yakin
dan percaya kalau kita akan Sukses. Dan seberapa besar usaha kita untuk
membuat Bisnis kita ini akan membesar. Ingat ini bukan seperti buka
warung di depan rumah, yang tiap pagi kita buka warung, lalu berharap
ada orang yang tiap hari datang membeli beras, sabun dll.
Ini adalah bisnis jaringan, bisnis manusia, ada waktu dan usaha yang
harus kita keluarkan, Tapi yang menyenangkan adalah …. saya bisa
mengerjakan ini dari Rumah saja, via online dan saya bisa setting Target sebesar apapun yang saya inginkan, dan itu bisa tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar